Posted by : Unknown Kamis, Mei 23, 2013






Ohayoo ^^
Selamat berjumpa kembali di blog ria chan ^^
 pas banget nih ria chan lagi ng-posting  tentang GO GREEN nih, tapi spesifiknya ria chan mau ngebahas seputar sekolah ria chan yang ikut serta dalam lomba ADIWIYATA. Hohoho
Tapi kalian tahu kan di mana ria chan sekolah?
apa? Enggak tahu?? Huhu ,. Oke deh ria chan kasih tahu kalian semua ya, ria chan sekolah di SMA N 2 METRO.Lampung.
 saat ini ria chan masih kelas 11 atau kelas 2 SMA tepatnya XI IPA 1.  Hohoho udah tahu kan? Jangan lupa ya. Inget. Inget.
Okey ria chan mulai serius. Kali ini ria chan membagikan informasi sekolah ria chan  seputar tentang adiwiyatanya . dengan rasa bangga dan salut atas kemajuan sekolah ria chan ini, ria chan mempostingkan tugas ria chan yang satu ini dengan sepenuh hati  ria chan.
dan langsung kita mulai yaa ^^

A.  visi satuan pendidikan
Visi SMA N 2 METRO:
“terwujudnya sekolah berprestasi, berpegang teguh budi pekerti, berwawasan informasi teknologi dan berbasis lingkungan”
Indicator:
·         Prestasi dalam pengenbangan mutu peserta didik
·         Prestasi dalam kelengkapan prasarana
·         Prestasi dalam kualitas lulusan dan sumber daya
·         Prestasi dalam pelestarian dan pengelolahan lingkungan


B.   Misi persatuan pendidikan
Misi SMA N 2 METRO :
         I.            Menumbuh kembangkan semangat budaya mutu yang beriman, bertaqwa dan berbesis lingkungan
       II.            Melengkapi sarana dan prasarana yang belum memedai
      III.            Meningkatkan program kepedulian dan plestarian hidup sehingga mampu menjadi sekolah rintisan adiwiyata
   IV.            Meningkatkan efektifitas pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan
     V.            Menerapkan informasi pendidikan lingkungan hidupdalam mengintegrasikan ke mata pelajaran lain
   VI.            Meningkat bimbingan dan konseling sehingga dapat mendorong dan membatu siswa  untuk mengenali potensi diri agar dapat dikembangkan secara optimal
  VII.            Meningkatkan pembinaan sehingga dapat mendorong dan membantu siswa untuk secara sadar berpartisipasi dalam pengelolahan lingkungan hidup
VIII.            Menerapkan informasi teknologi sebagai salah satu sarana meningkatan mutu pendidikan dengan tetap berpegang teguh pada keluhuran dan budi pekerti
    IX.            Mererapkan pola menejemen berbasis sekolah yang melibatkan warga sekolah, orang tua, masyrakat dan dinas terkait
      X.            Melestarian dan mengoptimalkan perlindungan dan penelolahan lingkungan    hidup


C.  Tujuan satuan pendidikan

1)      Meningkat program kepedulian dan pelestarian lingkungan sehingga mampu menjadi sekolah rintisan adiwiyata
2)      Menjadi sekolah adiwiyata mandiri yang komitmen dalam pelestarian dm perlindungan lingkungan hidup
3)      Sekolah memeiliki program pemeliharaan dan pelestarian lingkungan hidup
4)      Menciptakan sekolah berwawasan lingkungan
5)      Menciptakan oeduli lingkungan
6)      Menciptakan budaya  dan prilaku hidup  sekolah bersih dan sehat
7)      Berpartisipasi dalam kegiatan hari hari lingkungan hidup

Hoho… udah tahu kan profil sekolah ria chan seputar adiwiyatanya. Semoga dapat berjalan sesuai harapan kita. Aminn ^^

Nah sekarang ria chan bahas tentang apa apa yang menyangkut  adiwiyata di sekolah ria chan ya..?
Sebenarny ada banyak hal yang menyangkut seputar adiwiyata di sekolah ria chan, tapi ria chan baru bias ngeposting sebagian aja nih, gomen ne ~.~, tapi kalo ada waktu luang lagi , ria chan akan nerusin postingan ini deh . ok.

Baiklah kita mulai..   yosh….. ^^

1.    Green house

Kalian tahu green house kan?? Nah di sekolah ria chan juga udah ada green house nya loh, ya walaupun masih terlihat sepi dengan belum lengkapnya  tumbuhan tumbuhan yang di budidayakan, tetapi setidaknya  sekolah ria chan sudah berusaha untuk mencegah terjadinya pemanasan global, kalian tahu kan manfaat dari green house? Ya! Salah satunya itu mencegah / memperlambat terjadinya pemanasan global.
Agar bumi yang kita cintai tidak cepat tenggelam, kita harus mulai dari sekarng untuk mencegahnya, karna kita penghuni dari bumi sudah seharusnya kita merawatnya juga kan?? Yaa…..!!!


(gambar green house di sekolah ria chan ^^)

2.    Pengelolahan limbah

Pengelolahan limbah ini juga salah tatu upaya dari program adiwiyata di sekolah ria chan, dengan memanfaatkan barang barang yang sudah di angap tidak berguna lagi, dapt menghasilakan karya yang dapat nilai jual dan nilai seni yang tinggi.
 Jadi bias tuh bagi kalian yang punya barang barang  yang  udah menumpuk dan bingung mau di apain , mending coba berkarya dari barang barang tersebut, siapa tahu dapat menghasilkan sesuatu yang lebih berguna ^^




(gambar hasil pemanfaatan sampah cangkang telur dan Koran ^^)

3.    Bank sampah

Bank sampah ini maksutnya kukan tempat sumbernya smpah loh ya, maksudnya itu dalah tempat penampungan sementara bagi beberapa jenis sampah, nah kalo di sekolah ria chan  bank sampahnya cuman di bagi jadi 3 sampah sih, yaitu sampah kaleng kalengan , botol botol, kadrus , sama  sampah plastic.

(gambar bank sampah di sekolah ria chan ^^)


4.    Berkebun

Berkebun salah satu program adiwiyata di sekolah ria chan yang mengenaikan terhadap lingkungan. Dengan berkebun kita jug adapt memberdayakan lahan lahan kosong yang bias di isi dengan tumbuhan sayuran, tumbuhan obat obatan atau pun tanamah hias. Dengan cara tersebut lahan kosong pun akan terisi dan tampak lebih segar dan indah.




(gambar kegiatan berkebun di sekolah ria chan ^^)

5.    Pemeliharan lingkungan


Wahaha pas banget nin ria chan dan temen temen ria chan juga abis melakukan kegiatan ini. Maksut dari kegiatan ini ya sudah pasti untuk memelihara lingkungan atau taman agar tampak lebih indah dan bersih, kalo ria chan sebut “kakkoi” haha, ria chan sama temen temen  merapihkan  tanaman pagar, bunga, membersihkan tanaman dari rumput liar, memotong rumput dan masih banyak lagi. Kegiatan ini juga salahsatu penunjang adiwiyata loh. Jadi kalo kalin mau taman atau halaman rumah kalian jadi tampak bersih,rapi, indah dan kakkoi, jangan males males melakukan pemeliharan lingkungan ya ^^



6.    Pembuatan kompos

Pengeoposan memang sudah banyak dilakukan di berbagai kalangan dab lapisan masyrakat, karna ini juga menyangkut dengan perberdayaan lingkungan jadi program pengomposan juga di lakukan di sekolah ria chan yanga menyangkut dalam program adiwiyata.
Kalian tahu kan manfaat dari pangomposan ini?
Apa? Enggak tahu? Ya ampun kalian ini bagaimana sih. Oke deh ria chan akan member tahu kalian mamfaat dari pengomposan ini.
manfaat pangomposan:
^^Dari segi teknologi manfaat pembuatan kompos antara lain :
a.       Teknik pembuatan kompos sangat beragam, mulai dari proses yang mudah dengan menggunakan peralatan yang sederhana sampai dengan proses yang canggih dengan peralatan modern.
b.      Secara teknis, pembuatan kompos dapat dilakukan secara manual sehingga modal yang dibutuhkan relatif murah atau secara masinal (padat modal) untuk mengejar skala produksi yang tinggi.

^^Dari segi ekonomi, manfaat pembuatan kompos antara lain
a.       Pengkomposan dapat mengurangi jumlah sampah sehingga akan mengurangi biaya operasinal pemusnahan sampah.
b.      Tempat pengumpulan sampah akhir dapat digunakan dalam waktu yang lebih lama, karena sampah yang dikumpulkan berkurang. Dengan demikian akan menguragi investasi lahan TPA.
c.       Kompos dapat memperbaiki kondisi tanah dan dibutuhkan oleh tanaman. Hal ini berarti kompos memiliki nilai kompetetif dan ekonomis yang berarti kompos dapat dijual.
d.      Penggunaan pupuk anorganik dapat ditekan sehingga dapat meningkatkan efisiensi penngunaannya.

^^Dari segi kesehatan, manfaat pembuatan kompos antara lain
a.       Pengurangan tumpukan sampah akan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.
b.      Proses pengkomposan berjalan pada suhu yang tinggi sehingga dapat mematikan berbagai macam sumber bibit penyakit yang ada pada sampah.
Secara teoritis apabila program daur ulang sampah dengan sistem terpadu dapat dilakukan, maka sampah yang tersisa hanya tinggal 15 – 20% saja, sehingga akan mengurangi ritasi transportasi sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan umur TPA akan semakin panjang.
Pada akhirnya aspek peran serta masyarakat merupakan hal yang sangat penting dalam pengelolaan persampahan. Dalam strategi jangka panjang peran aktif masyarakat menjadi tumpuan bagi suksesnya pengelolaan sampah kota, dan dalam program jangka panjang setiap rumah tangga disarankan mengelola sendiri sampahnya melalui program 3 R (Reduce, reuse dan recycle).





(gambar kegiatam pembuatan kompos di sekolah ria chan ^^)

7.    Tamanan toga

Tamanan toga adalah sebutam bagi golongan tanaman obat obatan, tanaman tamanan ini sudah banyak di budidayakan, senua orang pun sudah mengenal beberapa tanaman yang sudah  sehari hari di konsumsi yang termasuk golongan tanaman obat obatan.
Antara lain:
       


(contoh tanaman toga)


Dan hal ini juga di sekolah ria chan di lakaukan, di sekolh ria chan sudah mulai membudidayan tanaman toga ini, dan juga menjadi salah satu program dari adiwiyata di sekolah ria chan ^^



(gambar beberapa tanaman toga yang ada di sekola ria chan ^^)

8.    Silogan

Silogan ini memeng bukan bagian dari program adiwiyata di sekolah ria chan, tetapi silogan ini juga bermanfaat bagi kesadaran kita semua akan lingkungan bahkan  bumi kita ini, jadi bisa di katakana silogan ini adalah sebagai prasarana, pengingat atau pun sebagai tempat  sarana penyampain yang ingin kita buat.





(gambar silogan silogan yang ada di sekolah ria chan ^^)



Ok sudah tahu kan beberapa apa apa saja yang termasuk dalam kegiatan adiwiyata di sekolah ria chan, semoga informasi berikut dapat membantu dan bermanfaat tentunya untuk teman teman  ria chan semua nih ^^
Kalo gitu ria chan akhiri postingan ria chan yang ini, bila terdapat salah atau kekurangan kata atau kalimat, mohon di maafkan karna ria chan juga bukan makhluk yang sempura. Ok^^

Pesan: “jaga bumi kita, lindungi bumi kita sebagaimana bumi lindungi dan menjaga kita ^^”

Ja nee ^^…

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Posts

- Copyright © RiChan ^^ - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -